suhu dan warna dalam fotografi

Friday, April 8, 2011 0 comments



Warna dan suhu tampaknya tidak memiliki hubungan langsung dengan satu sama lain, tetapi sumber cahaya yang sering didefinisikan dalam hal suhu warna dan kita berbicara tentang menggunakan film yang benar dengan jenis tertentu cahaya atau pengaturan "titik putih". Selain itu, pengukuran temperatur warna dalam derajat Kelvin. Apa semua ini benar-benar berarti?

Kelvin, seperti Fahrenheit dan Celsius, adalah skala untuk mengukur suhu. Nol derajat Kelvin (ini didefinisikan sebagai nol absolut di mana tidak ada gerakan molekul) sesuai dengan -459,67 derajat Fahrenheit. Hubungan antara temperatur warna dan Kelvin berasal dari pemanas "radiator hitam" (menganggap ini sebagai sepotong logam hitam) sampai bersinar. Warna tertentu terlihat pada suhu tertentu adalah suhu warna dan. Bila hitam cukup panas mulai memancarkan cahaya, berwarna merah kusam. Seperti banyak panas yang diterapkan, bersinar kuning, dan kemudian putih, dan akhirnya biru.
Warna yang memancar dari elemen lampu tersebut berkorelasi dengan warna yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari. Warna yang dipancarkan dari lampu tungsten di ruang tamu Anda adalah identik dengan cahaya putih kuning ketika suhu elemen lampu adalah sekitar 3200 derajat Kelvin. Bila suhu naik sampai 5500 derajat, kualitas cahaya putih identik dengan warna matahari pada tengah hari. Kualitas kebiru-biruan senja sesaat sebelum gelap sama dengan warna hitam di sekitar 12.000 derajat Kelvin.


Suhu Warna dan Fotografi

Angka-angka ini digunakan ketika membeli peralatan fotografi strobo dan film. Misalnya, warna cahaya yang dipancarkan oleh lampu dinilai di 5500 derajat, ia dirancang untuk meniru siang hari siang. Jika lampu  menghasilkan cahaya yang 6000 derajat Kelvin, ia memiliki semburat kebiruan sedikit. Jika dinilai pada 4800 derajat, itu sedikit lebih hangat, atau lebih kekuningan, dari cahaya putih.

Demikian pula, film dibuat untuk memberikan warna akurat dalam ruangan dengan pencahayaan tungsten seimbang pada 3200 derajat Kelvin. Contohnya termasuk Fujichrome 64T dan Ektachrome 50. Kedua film ini dirancang untuk digunakan dalam cahaya kuning-putih photofloods yang secara khusus seimbang untuk 3200 derajat. lampu rumah tangga dapat sedikit berbeda dari suhu warna, terutama jika mereka sudah tua. Jika lampu memancarkan cahaya di 2800 derajat, subjek sehingga akan diterangi agak kekuningan.

film Daylight, seperti Ektachrome E-100, Fujichrome Velvia dan Provia, dan Agfachrome 200, yang seimbang untuk 5500 derajat Kelvin. Ini berarti bahwa mereka menghasilkan warna yang akurat pada tengah hari ketika matahari overhead. Sebelum matahari mencapai puncaknya - mengatakan, dari matahari terbit sampai pagi - kualitas kekuningan sinar matahari kurang dari 5500 derajat. Hal yang sama adalah benar dari sore hari untuk matahari terbenam. Selama masa ini, film mereproduksi siang hari, atau lebih kuning, gambar lebih hangat.

Kondisi Mendung dan Twilight

Selama tengah hari ketika penutup awan telah menutupi matahari, sebagian dari panjang gelombang merah dan kuning cahaya yang diserap oleh tetesan air awan menit. Dingin akhir spektrum, panjang gelombang kebiruan, melewati tanpa hambatan.

Inilah sebabnya mengapa film siang hari menghasilkan scenics dan potret luar ruangan dengan kebiruan bahkan selama tengah hari. Kadang-kadang ini bisa sangat menarik artistik.

Digital fotografi

Teknologi digital menggunakan konsep-konsep tradisional yang sama namun dengan sentuhan baru. Anda hanya dapat mengatur titik putih Anda untuk mengubah keseimbangan warna. Misalnya, jika Anda menurunkan titik putih, katakanlah, 3200, Anda mengatakan kamera yang ingin Anda cahaya kekuningan yang akan ditampilkan sebagai siang hari siang-jenis putih. Ini berarti bahwa siang hari dan flash (5500K) akan kebiruan, dan kondisi mendung (sekitar 7500K) akan sangat biru.

0 comments :

 

© Copyright Fadey Jevera